JAKARTATERKINI.ID - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang, Banten, berhasil menangani sebanyak 15.456 pengaduan masyarakat melalui aplikasi Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda (LAKSA) selama tahun 2023.
Muhammad Iqbal Santono, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelola Ruang Kendali Kota Tangerang Live Room Diskominfo, mengungkapkan bahwa capaian tindak lanjut pada tahun 2023 mencapai 98,8 persen, menunjukkan penanganan yang optimal terhadap pengaduan yang masuk.
Baca juga : Ledakan Petasan di Desa Bodang, Lumajang: Empat Korban Terluka dan Satu Rumah Rusak
"Pelayanan LAKSA telah menjadi andalan masyarakat Kota Tangerang, dengan total 15.633 pengaduan yang diterima dan ditindaklanjuti selama tahun 2023," jelasnya.
Lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan pengaduan terbanyak adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) sebesar 24,28 persen, Diskominfo 8,27 persen, Dinas Perhubungan (Dishub) 7,67 persen, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) 6,14 persen, dan Dinas Pendidikan (Disdik) 3,7 persen.
"Pengaduan yang masuk melibatkan berbagai aspek, termasuk permintaan perbaikan lampu PJU, laporan jalan rusak, informasi pengajuan KTP baru, informasi registrasi Super Apps Tangerang LIVE, hingga informasi terkait pendidikan di Kota Tangerang," ungkapnya.
Baca juga : Bawaslu Banten: Pemkot Tangerang Menjadi Daerah dengan Tingkat Kerawanan Pemilu yang Rendah
UPT Pengelola Ruang Kendali Kota Tangerang berharap dapat meningkatkan sinergitas dengan OPD pada tahun 2024 untuk mendorong pemanfaatan layanan LAKSA oleh masyarakat secara lebih masif lagi.
"Masyarakat diimbau untuk terus memanfaatkan layanan ini dalam melaporkan kejadian di wilayah atau informasi penting lainnya yang membutuhkan perhatian," pungkasnya.