DECEMBER 9, 2022
BISNIS

KKP Dorong UMKM Perikanan Maksimalkan Pemasaran Digital

post-img
Pelaku UMKM binaan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperlihatkan produk yang dihasilkan dari sektor perikanan.

JT - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengajak UMKM perikanan memanfaatkan momentum Ramadhan untuk mengoptimalkan pemasaran digital guna meningkatkan akses pasar dan penjualan produk perikanan secara lebih luas.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Budi Sulistiyo mengatakan, berdasarkan beberapa sumber yang didapatkan pihaknya, 72 persen konsumen menjadikan Ramadhan sebagai waktu yang tepat untuk mencari penawaran terbaik.

Baca juga : Lomba Makan Besar di HUT Go! Go! Curry

"78 persen dari mereka terbuka untuk mencoba merek baru pada saat berbelanja. Dalam laporan tersebut juga disebutkan bahwa penggunaan aplikasi juga meningkat selama Ramadhan, tentu ini peluang bagi UMKM perikanan," kata Budi di Jakarta, Selasa.

Meski begitu, Budi tidak menyebutkan sumber yang dimaksudkan tersebut. Namun, dia meyakini bahwa Ramadhan, menjadi momentum konsumen untuk berbelanja.

Dalam menghadapi Ramadhan, Budi menyampaikan bahwa sebelumnya Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP bekerja sama dengan Shopee menggelar pelatihan digital marketing untuk UMKM Naik Kelas pada 26–27 Februari 2025. Pelatihan itu diikuti 203 pelaku UMKM produk perikanan yang terbagi dalam empat angkatan.

Baca juga : Forum Indonesia-Afrika 2024 Sukses dengan Kesepakatan Bisnis 3,5 Miliar Dolar

Ia mengatakan, program itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha dalam memanfaatkan teknologi digital guna memperluas akses pasar dan meningkatkan daya saing produk perikanan UMKM di era digital.

"Penguatan kapasitas pelaku UMKM menjadi prioritas KKP dalam mendukung pengembangan sektor kelautan dan perikanan," tuturnya.


Tentang Kami

Jakartaterkini.id merupakan transformasi dari Media sosial Instagram Jakarta terkini, yang lahir sejak tahun 2017 silam. Melalui media online kami ingin lebih berkomitmen dalam menghadirkan beragam informasi yang lebih luas, komprehensif dan faktual.

Kami berfokus menjadi media lokal Jakarta yang terkini, sesuai dengan tag line kami, Informasi terkini di Jakarta. Dibawah naungan JTN Media kami terus beradaptasi dalam segala aspek sesuai dengan perkembangan sosial terkini. Selain itu kami juga terus melakukan inovasi terhadap perkembangan teknologi agar dapat memenuhi keinginan khalayak dalam mengakses informasi.

Kami adalah media yang Independent dengan mengedepankan kaidah jurnalistik, disajikan secara berimbang tanpa intervensi.

Bicara Jakarta..?! Jakarta terkini, Informasi terkini di Jakarta, Powered by JTN Media. 

 
Cart