JT - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyatakan dukungannya terhadap PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) dalam upaya memaksimalkan penggunaan kereta cepat Whoosh untuk layanan angkutan Lebaran tahun 2024. "Kami berkomitmen mendukung KCIC Whoosh agar layanan angkutan Lebaran dapat berjalan maksimal, memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk berpergian antara Jakarta dan Bandung, dan sebaliknya," ucap Joni Martinus, VP Public Relations KAI, di Jakarta, pada hari Selasa.
Menurut Joni, kerja sama antara Whoosh dan layanan kereta jarak jauh KAI, khususnya pada koridor Jakarta-Bandung, merupakan bentuk sinergi yang saling melengkapi. Ia menjelaskan bahwa untuk mereka yang memprioritaskan kecepatan perjalanan, kereta cepat menjadi pilihan utama. Sementara itu, kereta jarak jauh menyediakan alternatif bagi penumpang yang mengutamakan kenyamanan dan menikmati pemandangan sepanjang perjalanan.
Baca juga : Pertamina Perketat Pengawasan Takaran Isi Tabung LPG 3 Kg
Dalam rangka menyambut angkutan Lebaran 2024, KCIC telah memastikan bahwa semua prasarana kereta cepat Whoosh berada dalam kondisi siap operasi. Emir Monti, Manajer Corporate Communication KCIC, menekankan bahwa persiapan menyambut Lebaran melibatkan pemeriksaan prasarana yang intensif untuk memastikan pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman bagi pengguna.
Kegiatan pemeriksaan meliputi jalur kereta, sistem listrik, peralatan persinyalan dan telekomunikasi, serta penghalang suara, yang dilakukan oleh 250 petugas yang diturunkan serentak selama 4 jam, dari pukul 00.00 hingga 04.00 WIB, di sepanjang 142,3 km jalur Whoosh yang terbagi menjadi empat wilayah.
"Pemeriksaan dan pemeliharaan prasarana adalah kunci untuk menjamin keamanan dan kenyamanan perjalanan Whoosh," ujar Emir. Pemeriksaan tersebut dilakukan secara berkala, tidak hanya selama jam operasional tetapi juga ketika kereta tidak beroperasi, menggunakan metode manual serta kereta inspeksi dan kereta kerja. Keselamatan perjalanan menjadi prioritas utama dalam persiapan angkutan Lebaran tahun ini, dengan Whoosh siap menyediakan layanan prima bagi masyarakat.* * *
Baca juga : BSI Pastikan Layanan e-Channel Kembali Normal Usai Upgrade Sistem