JT - Mahasiswa Program Studi (Prodi) Hubungan Masyarakat, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam Tim Spread Love, berhasil membawa pulang gelar juara kedua Festival Ajisaka UGM 2024 untuk kategori Prahasta (PR Campaign).
Mereka membawakan kampanye berjudul "Sagar Sena, Generasi Muda untuk Laut", Sagar yang berarti laut dan Sena merujuk generasi muda dalam bahasa Sansekerta.
Baca juga : Polri Tetapkan Satu Tersangka TPPO Pekerja Migran Indonesia di Myanmar
"Dengan mengadaptasi berbagai strategi seperti creative advertising melalui YouTube, bioskop, serta Jakarta Aquarium, TikTok Challenge berupa membenahi lingkungan, serta permainan menggunakan filter Augmented Reality (AR) di aplikasi TikTok, diharapkan pesan yang ingin kami sampaikan dapat diterima secara positif oleh target kampanye kami," ujar salah satu mahasiswa dalam tim itu, Futihat Nurul Karimah, di Depok, Jawa Barat, Sabtu.
Ketiga mahasiswa UI dalam tim itu, yakni Futihat Nurul Karimah, Hurin Nazhifa Mumtaz, dan Quinta Ayu Maharani.
Program ini untuk menyuarakan peran aktif generasi muda dalam menjaga kelestarian laut dan menciptakan gelombang positif untuk masa depan ekosistem laut.
Baca juga : Itjen Kemenag Tindaklanjuti 906 Pengaduan Masyarakat Sepanjang 2024
Ia menjelaskan tim ingin memberikan pesan berupa penekanan bahwa Gen Z dan Milenial dapat menjadi agen perubahan, khususnya tentang kelestarian laut, pengelolaan sampah darat untuk mencegah kerusakan laut, serta aksi sederhana yang memberikan dampak besar pada masa depan, terutama di wilayah Pesisir Marunda Kepu, DKI Jakarta.
Strategi lainnya yang dilakukan Tim Spread Love, berupa pembentukan Akademi Sampah Waste Ranger, yaitu masyarakat di Pesisir Marunda akan dibentuk menjadi bagian dari komunitas waste ranger dan diberikan edukasi serta pelatihan oleh Waste4Change.