JT - Perusahaan Umum (Perum) Damri memastikan bahwa seluruh armada selalu dalam keadaan bersih demi kenyamanan penumpang, terutama selama momen mudik Lebaran 2024.
"Kenyamanan penumpang adalah prioritas utama Damri dalam menyediakan layanan transportasi darat. Salah satu upaya kami adalah melalui proses pembersihan menyeluruh dari eksterior hingga interior sebelum dan sesudah armada melayani pelanggan," kata Corporate Secretary Damri Chrystian R.M. Pohan dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.
Baca juga : Lebih dari 14 Juta Orang Kunjungi Masjid Nabawi pada Paruh Pertama Ramadhan 1446 H
Proses pembersihan dimulai dari pencucian eksterior bus dan dilanjutkan dengan pembersihan interior seperti menyapu dan mengepel lantai, penggantian tempat sampah, bantal, dan selimut, serta pembersihan kaca. Ini dilakukan sebelum dan sesudah keberangkatan bus.
"Kru kami diingatkan untuk menjaga kebersihan armada yang mereka layani, demi kenyamanan semua penumpang, termasuk mereka sendiri," ujar Pohan.
Damri juga mengajak penumpang untuk turut menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan di dalam bus maupun di terminal.
Baca juga : Menteri Perindustrian Cek 11 Perusahaan Terkait Pencemaran Udara
"Kami juga mengimbau penumpang untuk turut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan di dalam bus maupun di terminal," tambahnya.
Jelang masa angkutan Lebaran 2024, Damri juga melakukan uji kelaikan (ramp check) mulai 13-28 Maret 2024 untuk seluruh armada. Ini dilakukan untuk memastikan kualitas layanan Damri memenuhi harapan masyarakat selama perjalanan mudik dan arus balik, termasuk aspek quality control (QC) dan quality assurance (QA). * * *