JT – OpenAI meluncurkan pembaruan pada fitur pencarian (Search) chatbot kecerdasan buatan (AI) mereka, ChatGPT, dengan menghadirkan pengalaman berbelanja daring secara praktis bagi pengguna.
Saat pengguna mencari produk, ChatGPT kini akan memberikan beberapa rekomendasi, menampilkan gambar dan ulasan produk, serta menyertakan tautan langsung ke laman pembelian.
Baca juga : vivo Y29 Resmi Meluncur di Indonesia, Usung Baterai 6500 mAh dan Harga Mulai Rp2,3 Juta
Pengguna juga dapat mengajukan pertanyaan spesifik untuk mendapatkan hasil yang disesuaikan dengan preferensi mereka.
Untuk tahap awal, OpenAI masih menguji coba fitur ini dengan menampilkan kategori produk seperti fesyen, kecantikan, perlengkapan rumah, dan elektronik, sebagaimana dilansir dari Tech Crunch pada Selasa.
Fitur baru ini diluncurkan pada model default ChatGPT, yakni GPT-4o, dan tersedia untuk pengguna ChatGPT Pro, Plus, Free, serta pengguna yang tidak login saat menggunakan chatbot tersebut.
Baca juga : Tokopedia Nonaktifkan Produk Investasi Emas dan Reksa Dana
OpenAI mengklaim bahwa fitur pencarian ChatGPT berkembang pesat, dengan lebih dari satu miliar pencarian web dilakukan hanya dalam sepekan terakhir.
Mereka menegaskan, hasil pencarian produk ditentukan secara independen, tanpa unsur iklan, dan berbasis metadata terstruktur dari pihak ketiga seperti harga, deskripsi, dan ulasan.