JT - Ombudsman RI mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam mengawasi layanan publik agar tidak hanya menjadi penerima layanan, tetapi juga bagian dari pengawasan.
Dalam acara Safari Ramadhan di Masjid Ma'Rifatullah, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (13/3), Anggota Ombudsman Hery Susanto menekankan pentingnya kesadaran kolektif masyarakat dalam memastikan kualitas layanan publik.
Baca juga : Kemendagri Minta Pemda Perhatikan Kenaikan Harga Cabai, Minyak Goreng, dan Beras
"Dengan berani bersuara, kita turut menciptakan perubahan yang nyata," ujar Hery, seperti dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.
Hery menjelaskan bahwa pengawasan publik bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tugas setiap individu. Oleh karena itu, tema acara "Masjid sebagai Pengawas Publik" diangkat untuk menekankan peran masjid sebagai pusat kehidupan masyarakat yang dapat menjadi tempat berdiskusi dan mengawasi jalannya pelayanan publik.
Menurutnya, konsep pengawasan publik sudah ada sejak era Khalifah Utsmaniyah, di mana lembaga sejenis Ombudsman berperan dalam memastikan keadilan bagi masyarakat. Namun, hingga kini masih banyak yang belum mengenal Ombudsman dan tugasnya.
Baca juga : KAI Beri Apresiasi Petugas Kembalikan Barang Penumpang Bernilai Ratusan Juta
"Kami hadir untuk memastikan layanan publik berjalan sesuai aturan dan masyarakat memiliki hak untuk mengawasi serta melaporkan jika terjadi maladministrasi," ungkapnya.
Sebagai langkah konkret, Ombudsman akan memperluas edukasi dan sosialisasi terkait pengawasan layanan publik melalui berbagai forum keagamaan, termasuk masjid dan majelis taklim.