DECEMBER 9, 2022
OTOMOTIF

Mobil Hybrid Tetap Menjadi Pilihan Masyarakat sebagai Kendaraan Ramah Lingkungan

post-img
Seorang petugas membantu pengisian ulang mobil listrik milik konsumen di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN UP3 Kota Malang, Jawa Timur

JAKARTATERKINI.ID - Pakar otomotif dari Institut Teknologi Bandung, Yannes Martinus Pasaribu, menyatakan bahwa kendaraan berteknologi hybrid masih menjadi pilihan yang relevan bagi konsumen di Indonesia yang beralih ke elektrifikasi.

"Pergeseran dari Internal Combustion Engine (ICE) ke Electric Vehicle (EV) akan berlangsung secara mulus selama 2024. Penjualan terbesar justru terjadi pada kendaraan hybrid. Kendala harga baterai yang masih mahal tetap menjadi tantangannya," kata Yannes kepada ANTARA di Jakarta, Jumat.

Baca juga : Alasan Honda belum tanamkan fitur Honda Sensing pada Brio

Pertumbuhan kendaraan elektrik berbasis hybrid menunjukkan tren positif sejak dua tahun terakhir. Pada tahun 2022, penjualan kendaraan hybrid mencapai 10 ribu unit dalam satu tahun, demikian juga dengan kendaraan elektrik.

Selama tahun 2023, tren penjualan kendaraan hybrid yang masih menggunakan mesin konvensional meningkat drastis menjadi 40 ribu unit hingga November 2023. Sementara itu, kendaraan elektrik murni, menurut data Gaikindo, hanya mencapai penjualan sekitar 14 ribu unit hingga November 2023.

Oleh karena itu, pemerintah dan produsen otomotif Indonesia masih perlu bekerja keras untuk mengedukasi konsumen agar mau beralih ke kendaraan bersih emisi pada tahun ini. Beberapa faktor, seperti kondisi pasar yang belum sepenuhnya mendukung, membuat tren beralih dari kendaraan konvensional ke elektrik penuh masih cenderung lambat jika dibandingkan dengan negara-negara lain.

Baca juga : Suzuki Perbarui Program Quality Update untuk Kendaraan Roda Dua

Menurut Yannes, para produsen otomotif yang membawa berbagai kendaraan elektrik perlu memiliki strategi menyeluruh. Produk harus disesuaikan dengan pasar lokal, mempertimbangkan kondisi geografis, infrastruktur, preferensi desain, jangkauan baterai, dan tentu saja harga.

Jangkauan baterai yang lebih luas juga perlu menjadi perhatian khusus bagi produsen otomotif yang hendak menyediakan varian elektrik penuh untuk konsumen Indonesia.


Tentang Kami

Jakartaterkini.id merupakan transformasi dari Media sosial Instagram Jakarta terkini, yang lahir sejak tahun 2017 silam. Melalui media online kami ingin lebih berkomitmen dalam menghadirkan beragam informasi yang lebih luas, komprehensif dan faktual.

Kami berfokus menjadi media lokal Jakarta yang terkini, sesuai dengan tag line kami, Informasi terkini di Jakarta. Dibawah naungan JTN Media kami terus beradaptasi dalam segala aspek sesuai dengan perkembangan sosial terkini. Selain itu kami juga terus melakukan inovasi terhadap perkembangan teknologi agar dapat memenuhi keinginan khalayak dalam mengakses informasi.

Kami adalah media yang Independent dengan mengedepankan kaidah jurnalistik, disajikan secara berimbang tanpa intervensi.

Bicara Jakarta..?! Jakarta terkini, Informasi terkini di Jakarta, Powered by JTN Media. 

 
Cart