JT - Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Karyoto, menegaskan bahwa setiap aduan masyarakat yang viral di media sosial harus mendapat respons cepat dari kepolisian.
"Kami pastikan setiap aduan yang masuk lewat media sosial dapat segera ditindaklanjuti. Jangan sampai masyarakat merasa laporan mereka diabaikan hanya karena tidak ada respons dari kami. Ini adalah bagian dari upaya kami untuk membangun kepercayaan publik," ujar Karyoto dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Selasa.
Baca juga : Pramusapa Transjakarta Kenakan Seragam Pahlawan untuk Peringati Hari Pahlawan
Polda Metro Jaya kini mengimplementasikan langkah nyata untuk memperkuat respons cepat terhadap aduan masyarakat, sejalan dengan instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.
Sebagai bagian dari peningkatan pelayanan, seluruh jajaran kepolisian di wilayah Polda Metro Jaya, mulai dari tingkat polda hingga polsek, kini memiliki akun media sosial resmi yang dapat digunakan masyarakat untuk menyampaikan keluhan atau aduan.
Selain memperkuat saluran komunikasi, Polda Metro Jaya juga rutin melakukan analisis dan evaluasi (Anev) guna memastikan tidak ada kasus yang terabaikan dalam proses penyelidikan maupun penyidikan.
Baca juga : Pemprov DKI Gratiskan Pajak Rumah hingga Apartemen, Cek Batasan Harganya
"Evaluasi ini bertujuan untuk memastikan setiap laporan masyarakat ditindaklanjuti dengan baik," tambah Karyoto.
Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo telah menginstruksikan kapolres, kasatker, dan kapolda untuk membuat akun resmi guna menerima dan merespons cepat aduan masyarakat.