DECEMBER 9, 2022
TERKINI

YLKI Terima 1.675 Pengaduan Konsumen Sepanjang 2024, Jasa Keuangan Dominasi

post-img
Ilustrasi - Konsumen mengakses kanal Pusat Penanganan Penipuan Transaksi Keuangan (IASC), di Wisma Mulia 2, Jakarta, Senin (2/12/2024). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

JT - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mencatat sebanyak 1.675 pengaduan dari konsumen sepanjang tahun 2024. Pengaduan ini terbagi dalam dua kategori, yaitu individu sebanyak 991 pengaduan dan kelompok sebesar 684 pengaduan, yang meliputi konsumen konser (507 pengaduan) dan konsumen perumahan (177 pengaduan).

"Pengaduan konsumen tahun 2024 yang kami terima mencapai 1.675 aduan," ujar Kepala Bidang Pengaduan dan Hukum YLKI, Rio Priambodo, dalam konferensi pers daring di Jakarta, Jumat (24/1).

Baca juga : Bapanas Usulkan Tepung Terigu dan Garam Jadi Bahan Pokok Penting


YLKI mengungkapkan jasa keuangan menduduki peringkat pertama pengaduan konsumen dengan total 334 aduan. Berikutnya adalah belanja online (144 aduan), telekomunikasi (125 aduan), pengiriman paket (66 aduan), perumahan (49 aduan), transportasi (35 aduan), listrik (29 aduan), otomotif (29 aduan), PDAM (25 aduan), dan elektronik (18 aduan).

Pengaduan jasa keuangan mencakup beberapa subsektor, yakni perbankan (33%), pinjaman daring (28%), leasing (25%), uang elektronik (7%), asuransi (5%), dan lembaga keuangan nonbank (1%). Keluhan konsumen di sektor ini meliputi penagihan yang tidak etis, permohonan keringanan, lelang, pembekuan rekening, hingga penipuan. Bank swasta menjadi penyumbang terbesar pengaduan (59,8%), diikuti bank BUMN (40,2%).


Pinjaman daring juga menjadi sorotan dengan keluhan terkait cara penagihan, permohonan keringanan, gagal bayar, tagihan tanpa peminjaman, data pribadi, hingga penagihan meskipun sudah lunas.

Baca juga : Menhub: Pergerakan Mudik Natal-Tahun Baru Tercatat 94,67 Juta Orang

Pada sektor belanja online, aduan konsumen mencakup refund atau pengembalian barang, barang tidak sesuai, penipuan, estimasi pengiriman, barang tidak sampai, pembatalan transaksi, hingga aplikasi error.


Keluhan telekomunikasi didominasi oleh persoalan jaringan internet, paket internet, sistem transaksi, pelayanan, informasi tidak sesuai, hingga keamanan data pribadi.


Tentang Kami

Jakartaterkini.id merupakan transformasi dari Media sosial Instagram Jakarta terkini, yang lahir sejak tahun 2017 silam. Melalui media online kami ingin lebih berkomitmen dalam menghadirkan beragam informasi yang lebih luas, komprehensif dan faktual.

Kami berfokus menjadi media lokal Jakarta yang terkini, sesuai dengan tag line kami, Informasi terkini di Jakarta. Dibawah naungan JTN Media kami terus beradaptasi dalam segala aspek sesuai dengan perkembangan sosial terkini. Selain itu kami juga terus melakukan inovasi terhadap perkembangan teknologi agar dapat memenuhi keinginan khalayak dalam mengakses informasi.

Kami adalah media yang Independent dengan mengedepankan kaidah jurnalistik, disajikan secara berimbang tanpa intervensi.

Bicara Jakarta..?! Jakarta terkini, Informasi terkini di Jakarta, Powered by JTN Media. 

 
Cart