JT - Corporate Secretary Perum DAMRI Chrystian R.M. Pohan mengatakan pelanggan yang dilayani selama periode angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 mencapai 1.093.975 orang atau turun 8 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.
“Kalau secara 2023 (yoy) memang kita turun 8 persen,” ujar Chrystian di Jakarta, Jumat.
Baca juga : BSI Optimistis Tembus 6,7 Juta Tabungan Haji, Siapkan Layanan Digital dan Komprehensif untuk Jemaah
Ia menjelaskan bahwa berdasarkan analisa pihaknya penurunan ini karena didominasi masyarakat yang diperkirakan mempersiapkan perjalanan untuk pulang kampung atau mudik pada libur Lebaran 2025 dengan durasi yang lebih lama.
Persoalan lain yakni cuaca yang tidak menentu. "Yang kedua cuaca, yang abnormal begini memang hujan dan panas cukup dominan sekarang," ujarnya.
Adapun pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2024/2025 secara rinci meliputi segmen antarkota melayani sebanyak 144.029 orang, pemadu moda sebanyak 222.280 orang, pariwisata sebanyak 123.822 orang, angkutan perkotaan sebanyak 168.070 orang, angkutan antarnegara sebesar 7.180 orang serta angkutan perintis sebesar 53.540 orang.
Baca juga : PLN Mobile Sukses Gaet 55 Juta Pengguna
Serta segmen angkutan barang tercatat melayani sebanyak 25.198 tiket atau meningkat 143 persen dibandingkan dengan periode sebelumnya.
Tercatat Perum DAMRI mengerahkan sebanyak total 1.461 unit kendaraan pada periode itu, capaian ini meningkat 5 persen bila dibandingkan dengan 2023 yang mencapai 1.398 unit kendaraan.