JT - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2025 cenderung akan berada di kisaran angka 4,9-5,2 persen, dengan asumsi inflasi dapat dijaga sesuai target yakni 2,5 persen.
"APINDO juga memperkirakan bahwa inflasi domestik masih dapat dijaga di kisaran 2,5 persen dengan deviasi 1 persen sesuai yang ditargetkan oleh Bank Indonesia," kata Ketua Umum Apindo Shinta Kamdani dalam Konferensi Pers Outlook Perekonomian Indonesia Tahun 2025 di Jakarta, Kamis.
Baca juga : PT Dahsheng Terima Izin Kawasan Berikat dari Bea Cukai Banten di Balaraja
Dijelaskan, proyeksi tersebut dibuat pihaknya berdasarkan berbagai indikator seperti kondisi lingkungan strategis global yang belum stabil, inflasi global yang belum sepenuhnya terkendali, serta berlanjutnya penurunan kelas menengah akibat tekanan kenaikan PPN menjadi 12 persen pada barang-barang tertentu.
Ia mengatakan, untuk inflasi domestik dapat dijaga agar tetap rendah dengan cara melakukan substitusi komoditas energi dan mengendalikan produksi pangan melalui program ketahanan pangan.
Sementara kebijakan devisa hasil ekspor (DHE), transaksi mata uang lokal (Local Currency Transaction/LCT), sekuritas rupiah Bank Indonesia (SRBI), dan sekuritas valas Bank Indonesia (SVBI) belum dapat menjaga nilai tukar rupiah, karena Indonesia adalah negara berkembang terbuka ekonomi (small open economy) pada produk minyak, pangan, jasa digital, dan teknologi informasi.
Baca juga : BNI Expo 2024 Hadirkan Promo Spesial Wondrful Journey
Selain itu, pihaknya menilai defisit anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) perlu dijaga di angka 1,5-1,8 persen dengan melakukan inovasi pembiayaan, seperti skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU), Pembiayaan Investasi Non-Anggaran (PINA), dan Land Value Capture (LVC).
Ia menyatakan, pemerintah juga perlu melakukan eksplorasi sumber penerimaan perpajakan untuk meningkatkan rasio pajak dengan menguatkan kebijakan core tax system, melakukan tax amnesty, menerapkan Non-Filling Systems (NFS) dan reformasi kelembagaan.