JT - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Kongres & Konvensi Indonesia (DPP INCCA), Iqbal Alan Abdullah, mengungkapkan bahwa stabilitas politik berpengaruh terhadap belanja Meeting, Incentives, Conference, Exhibition (MICE) pada 2024 yang diperkirakan bisa naik 12-17 persen.
"Perhelatan pemilihan presiden, pemilihan legislatif, dan kini pemilihan kepala daerah yang berjalan lancar menambah kepercayaan pelaku MICE untuk melakukan berbagai kegiatan di tahun 2024," kata Iqbal saat dihubungi di Jakarta, Minggu.
Baca juga : Konser Cerita Cinta: Harmoni antara Kahitna, Yura Yunita, dan Rizky Febian
Pada 2023, nilai belanja MICE secara nasional mencapai Rp45 triliun (setara 3 miliar dolar AS). Sedangkan pada 2024 ini diprediksi bisa mencapai Rp52-54 triliun (setara 3,2-3,4 miliar dolar AS).
Pada 2022, sektor MICE di Indonesia mencatatkan peningkatan sebesar 14 persen dengan nilai 2,23 miliar dolar AS dibandingkan dengan 2021 yang senilai 1,95 miliar dolar AS. Tahun 2021, bisnis MICE tumbuh sekitar 20 persen setelah sebelumnya diterpa pandemi COVID-19 pada 2020.
Menurut Iqbal, selain digerakkan oleh kegiatan-kegiatan pemerintah, bisnis MICE di Indonesia juga dipengaruhi oleh aktivitas organisasi-organisasi profesi internasional, seperti organisasi profesi kedokteran yang secara rutin melakukan pertemuan dan berpindah dari satu negara ke negara lain.
Baca juga : Ribuan Pelari Ramaikan Sleman Temple Run 2024, Ajang Sport Tourism di Kawasan Candi
Sebagai perusahaan yang telah 35 tahun berkecimpung di bisnis MICE, pihaknya optimistis pasar Indonesia masih sangat besar. "Kami melihat pasar MICE yang ada masih belum digarap secara maksimal. Karena itu, potensinya masih besar," kata komisaris PT Royalindo Expoduta tersebut yang juga pernah menjabat Ketua Umum DPP Dewan Pariwisata Indonesia (Depari).
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyatakan bahwa MICE memiliki kontribusi yang tinggi terhadap perekonomian masyarakat, karena turis MICE ditengarai mempunyai "spending" 3-4 kali lebih besar dari turis untuk berlibur (leisure). Selain itu, mereka memiliki lama tinggal lebih panjang dan kegiatan MICE berskala internasional menjadi ajang promosi yang efektif bagi Indonesia di kancah global.