JT - Lebih dari 100 hotel di Jepang telah menjadi korban penipuan email yang mencoba mencuri informasi kartu kredit pelanggan menggunakan situs reservasi akomodasi Booking.com, berdasarkan penghitungan Kyodo News yang ditemukan pada Sabtu (13/4).
Dikutip dari Kyodo, beberapa hotel mengatakan pelanggan mereka kehilangan uang setelah penipu mencuri rincian kartu mereka.
Baca juga : Bali dan Singapura Jadi Rute Penerbangan Favorit Lebaran 2025
Badan Pariwisata Jepang telah menginstruksikan Booking.com Japan K.K., unit operator situs pemesanan penginapan utama di Jepang, untuk melakukan penyelidikan penuh.
Booking.com Jepang menolak berkomentar mengenai kerugian finansial.
Penipuan phishing, yang merupakan upaya untuk mendapatkan informasi data seseorang dengan teknik pengelabuan, terjadi ketika kasus serupa dilaporkan di seluruh dunia, dan Jepang melihat kembalinya tingkat pariwisata yang meningkat setelah pembatasan perbatasan COVID-19 dicabut.
Baca juga : Libur Lebaran, 41.379 Wisatawan Kunjungi Gunungkidul dalam Tiga Hari
Dengan bantuan spesialis keamanan siber anonim Piyokango, penghitungan Kyodo News menemukan bahwa pada tanggal 26 Maret, sekitar 118 bisnis akomodasi di setidaknya 21 prefektur telah terkena dampaknya sejak Juni tahun lalu.
Penipu mengirim email ke hotel-hotel Jepang untuk mengakses sistem manajemen Booking.com mereka. Email tersebut berisi tautan, yang menginfeksi komputer setelah diklik.