JT - Tokopedia dan TikTok mencatat sejumlah kategori produk fesyen, otomotif, hingga makanan dan minuman mengalami kenaikan penjualan yang signifikan usai tunjangan hari raya (THR) turun, berdasarkan data 25-31 Maret 2024 dibandingkan rata-rata transaksi mingguan di bulan Februari 2024.
“Kami melihat masyarakat mulai lebih banyak membeli produk-produk kebutuhan yang berkaitan erat dengan Lebaran, seperti untuk mudik dan berkunjung ke rumah keluarga atau kerabat melalui Tokopedia maupun Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok,” kata Head of Communications Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat.
Baca juga : Samsung Kembangkan Galaxy AI untuk Optimalkan Produktivitas Pengguna
Selanjutnya, rincian lonjakan penjualan kategori fesyen dialami pada kategori fesyen Muslim sebesar 12,5 kali lipat, fesyen wanita lebih dari empat kali, serta fesyen anak dan bayi hampir meningkat lima kali lipat.
Pada kategori otomotif, produk yang paling banyak di cari adalah kasur mobil, bantal mobil, oli motor, jaket motor, sensor dan kamera mobil, hingga rata-rata mengalami peningkatan transaksi hampir 3,5 kali.
Sementara dalam kategori makanan dan minuman mengalami kenaikan penjualan yang signifikan hampir lima kali lipat, dengan produk yang paling banyak dicari adalah hampers, parsel kue kering, biskuit, wafer, paket sembako, puding dan jelly, minyak.
Baca juga : Queens of the Stone Age Batalkan Sisa Jadwal Tur 2024
Sedangkan pada platform Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok, beberapa kategori produk, yaitu kecantikan dan perawatan diri, elektronik, fesyen wanita, fashion muslim, serta fesyen pria juga mengalami peningkatan transaksi yang sangat tinggi.
Speaker bluetooth, case handphone, TWS bluetooth, charger, power bank menjadi barang yang paling banyak dicari dengan rata-rata peningkatan penjualan hampir 3 kali.