JT - Platform streaming audio Spotify melaporkan peningkatan signifikan dalam konsumsi audio selama bulan Ramadhan, dengan fokus pada waktu-waktu kunci sebelum dan sesudah berbuka puasa, serta beragam konten khusus Ramadhan yang tersedia di platform tersebut.
Menurut Cassandra Aprilanda, Marketing Lead Spotify Indonesia, bulan Ramadhan membawa perubahan signifikan dalam rutinitas sehari-hari, termasuk dalam pola konsumsi media seperti streaming di Spotify.
Baca juga : Tidur Kurang dari Lima Jam Meningkatkan Risiko Diabetes
Data internal Spotify menunjukkan bahwa streaming audio selama Ramadhan meningkat pada jam-jam tertentu, terutama pada pukul 14:00-16:00 WIB menjelang waktu berbuka.
Tak hanya itu, terdapat peningkatan yang mencolok pada pukul 05:00 WIB setelah sahur, dimana pendengar lebih cenderung mendengarkan konten podcast yang reflektif dan menenangkan.
Setelah tarawih, streaming musik menjadi aktivitas utama di Spotify, dengan para pendengar, terutama dari kalangan Millenials dan Gen Z, mendominasi jumlah streaming selama bulan Ramadhan.
Baca juga : Intip Tiga Fakta Menarik di Balik Proses Produksi Deadpool & Wolverine
Lebih dari 40 juta playlist dengan tema Ramadhan telah dibuat oleh pengguna, menawarkan beragam pilihan bagi pendengar.
Cassandra menekankan pentingnya menyajikan konten yang bervariasi dan bermakna untuk menginspirasi pendengar sepanjang bulan suci ini.