JT – PT Kereta Api Indonesia (KAI) menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta sejumlah kekayaan intelektual (Intellectual Property/IP) lokal untuk menghadirkan desain livery tematik Idul Fitri 2025/1446 H.
Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, menyatakan bahwa pemasangan livery ini bertujuan untuk membawa nuansa Ramadhan dan Idul Fitri ke dalam perjalanan kereta api, menciptakan pengalaman mudik yang lebih meriah dan berkesan bagi pelanggan.
Baca juga : Peluncuran Penerbangan Langsung Incheon-Batam Dorong Pariwisata
"Livery ini menampilkan karakter-karakter lucu yang menggambarkan suasana mudik Lebaran dengan kereta api. Dengan desain yang unik ini, diharapkan dapat memberikan kesan ceria dan bahagia bagi para pelanggan," ujar Anne di Jakarta, Jumat (14/3).
Livery tematik Idul Fitri 1446 H akan diterapkan pada beberapa kereta api unggulan KAI, termasuk KA Bima, Argo Semeru, KA Argo Wilis, KA Turangga, KA Blambangan Ekspres, KA Gajayana, dan KA Argo Dwipangga.
Desainnya menampilkan elemen khas Ramadhan dan Idul Fitri, seperti ketupat, masjid, serta motif Islami dalam warna cerah. Tak hanya eksterior, desain tematik juga diterapkan di dalam kabin penumpang untuk memberikan atmosfer yang lebih mendalam selama perjalanan.
Baca juga : Ketua DPRD Kota Bogor Apresiasi Pemkot Merevitalisasi Masjid Agung
Kolaborasi ini melibatkan IP lokal seperti Pionicorn, Komik Ga Jelas, serta karakter Si Bedil dan Susi and Friend. Karakter-karakter ini menghadirkan ilustrasi perjalanan mudik yang dinamis dan penuh kehangatan, khususnya bagi penumpang anak-anak.
"Dengan tema 'Bersama KAI Menyambung Silaturahmi', kami ingin menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih berwarna bagi masyarakat," tambah Anne.