JT - Seiring dengan finalisasi Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025, penjualan tiket kereta api antarkota untuk perjalanan pada Februari 2025 telah dimulai secara bertahap. PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (DJKA Kemenhub) terus berkolaborasi dalam upaya meningkatkan layanan transportasi kereta api di Indonesia.
Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, menjelaskan bahwa perubahan dalam Gapeka 2025 merupakan bagian dari upaya untuk memperbaiki berbagai aspek layanan kereta api, seperti keselamatan, keandalan prasarana dan sarana, kecepatan perjalanan, serta kapasitas angkut.
Baca juga : Menteri Perhubungan: Puncak Arus Mudik Terjadi Hari Ini
Dalam hal keselamatan, Gapeka 2025 berusaha mengoptimalkan jadwal perjalanan dengan lebih terencana, sesuai dengan pembaruan pada sarana dan prasarana terkini. KAI juga melakukan modernisasi infrastruktur rel serta penambahan armada kereta api yang lebih andal.
Dari segi kecepatan, Gapeka 2025 mampu mengurangi waktu perjalanan kereta api antarkota di Jawa sebesar total 2.551 menit per hari. Selain itu, kapasitas angkut juga meningkat dengan adanya penambahan 20 perjalanan kereta api antarkota di Jawa serta perpanjangan relasi untuk menjangkau lebih banyak daerah.
Penjualan tiket untuk perjalanan kereta api antarkota di bulan Februari 2025 dimulai secara bertahap, dengan pelanggan dapat memesan tiket H-30 sebelum keberangkatan. Namun, dalam waktu dekat, penjualan tiket akan disesuaikan menjadi H-45 sebelum keberangkatan. Jika ada perjalanan kereta api yang belum tersedia di platform penjualan seperti Access by KAI dan web kai.id, pelanggan diminta untuk memeriksa secara berkala.
Baca juga : BI: Pertumbuhan Penjualan Eceran Tetap Stabil di Bulan April 2024
Pelanggan yang membutuhkan bantuan atau informasi lebih lanjut dapat menghubungi Contact Center KAI di telepon 121 atau melalui media sosial resmi @KAI121.
"KAI akan terus memberikan informasi melalui rilis secara bertahap untuk memastikan bahwa pembaruan Gapeka 2025 terinput dengan benar di seluruh kanal penjualan tiket," kata Anne. Ia berharap inovasi ini akan meningkatkan kualitas perjalanan kereta api secara keseluruhan. * * *