JT - TikTok tercatat sebagai platform media sosial (medsos) yang paling populer dan banyak ditanggapi oleh warganet di Indonesia sepanjang 2024, menurut riset terbaru yang dilakukan oleh Indonesia Indicator (I2).
"Dari lima platform media sosial yang kami teliti—Instagram, Twitter, Facebook, YouTube, dan TikTok—platform TikTok menunjukkan tingkat tanggapan (engagement) tertinggi," ujar Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2), Rustika Herlambang, saat memaparkan hasil riset bertajuk "Tren Media Sosial di Indonesia" di Jakarta, Senin.
Baca juga : Meta Berupaya Menarik Pembuat Konten TikTok dengan Tawaran Menarik
Riset tersebut mencatat bahwa TikTok telah menghasilkan 107.998.788 postingan dengan total 17.329.380.404 tanggapan. Popularitas TikTok semakin didorong oleh kemampuannya menyajikan konten yang ringan, ekspresif, dan sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari.
"Demokratisasi konten viral di TikTok, di mana setiap pengguna memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi populer, merupakan daya tarik utama bagi platform ini," ungkap Rustika.
Platform ini juga tercatat memiliki waktu penggunaan rata-rata bulanan tertinggi, yakni 38 jam 26 menit per pengguna. Konten yang paling populer di TikTok meliputi edukasi, hiburan, kehidupan sehari-hari, kuliner, kecantikan, fesyen, serta kesehatan dan kesejahteraan.
Baca juga : Aplikasi Merchant BCA: Solusi Digital Terbaru untuk Meningkatkan Bisnis UMKM
Rustika menambahkan bahwa TikTok telah bertransformasi dari sekadar platform hiburan menjadi ruang penting untuk diskusi publik dan politik. Dalam konteks Pemilu Presiden Indonesia 2024, TikTok memainkan peran kunci dalam kampanye politik dengan menjangkau pemilih muda dan membantu membangun citra kandidat.
Sementara itu, Instagram tetap menjadi platform sosial favorit kedua dengan 18.337.890 unggahan dan 1.225.898.887 tanggapan. Instagram dikenal dengan konten yang lebih estetis dan informatif, serta menjadi rumah bagi para pemengaruh (influencers) dan tokoh publik.