Pembangunan LRT Velodrome-Manggarai: Progres Sudah Lebih dari 23 Persen
by Noval Arisandi
03 Agustus 2024 00:10
227 Views
JT - PT Waskita Karya (Persero) Tbk yang ditunjuk PT Jakarta Propertindo (Perseroda) untuk membangun Light Rail Transit (LRT) Jakarta Fase 1B rute Velodrome-Manggarai menyatakan proyek pengerjaan telah mencapai 23 persen.
Corporate Secretary Waskita Karya Ermy Puspa Yunita menyatakan perseroan berkomitmen melakukan pekerjaan konstruksi sesuai target demi menyelesaikan proyek LRT Jakarta Fase 1B ini tepat waktu dan tepat mutu.
"Diharapkan dapat memudahkan mobilitas masyarakat dan mendorong integrasi moda angkutan umum di Jakarta seperti Commuter Line, MRT Jakarta, dan TransJakarta,” kata Ermy dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.
Fase 1B membentang sepanjang 6,4 kilometer melewati lima stasiun yaitu Stasiun Rawamangun, Pramuka BPKP, Pasar Pramuka, Matraman, dan berakhir di Manggarai. Fase ini nantinya menyempurnakan integrasi transportasi di stasiun Manggarai.
Pemerintah menargetkan LRT Jakarta fase ini dapat beroperasi pada awal tahun 2027, dan pada kuartal ketika tahun 2026 sudah dapat dimanfaatkan masyarakat.
Ermy lalu mengatakan dalam pembangunan LRT Jakarta fase 1B, tim proyek melakukan beberapa inovasi antara lain desain bentang panjang (long span) termasuk metode pelaksanaannya dan sistem pengumpulan tarif otomatis (AFC) yang bisa digunakan dengan berbagai macam pembayaran digital seperti dompet digital (e-wallet) dan QRIS.
Inovasi bentang panjang dilakukan karena kondisi semua trase proyek LRT Jakarta Fase 1B dikerjakan di area jalan raya dengan lalu lintas aktif dan padat di kota Jakarta dan beberapa melintas di simpang besar.
"Misalnya juga pekerjaan di area halte TransJakarta menggunakan steelbox girder bentang panjang sehingga tetap operasi dan tidak membongkar halte," ujar dia.
Adapun anggaran proyek LRT fase ini senilai Rp4,55 triliun pada Oktober 2023 dan berasal dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) DKI Jakarta.
Ermy mengatakan nantinya, LRT Jakarta akan dioperasikan dengan waktu jeda selama 10 menit.
Kemudian, guna memaksimalkan okupansi LRT Jakarta, nantinya dikembangkan Fase 2A dengan lintas Kelapa Gading-JIS, 1C Manggarai-Dukuh Atas, 1D Dukuh Atas-Pesing.
Selain itu, ada juga rute 3A dan 3B yang masing-masing akan melengkapi rute Kemayoran-JIS-Kelapa Gading-Velodrome-Klender-Halim.* * *
Jakartaterkini.id merupakan transformasi dari Media sosial Instagram Jakarta terkini, yang lahir sejak tahun 2017 silam. Melalui media online kami ingin lebih berkomitmen dalam menghadirkan beragam informasi yang lebih luas, komprehensif dan faktual.
Kami berfokus menjadi media lokal Jakarta yang terkini, sesuai dengan tag line kami, Informasi terkini di Jakarta. Dibawah naungan JTN Media kami terus beradaptasi dalam segala aspek sesuai dengan perkembangan sosial terkini. Selain itu kami juga terus melakukan inovasi terhadap perkembangan teknologi agar dapat memenuhi keinginan khalayak dalam mengakses informasi.
Kami adalah media yang Independent dengan mengedepankan kaidah jurnalistik, disajikan secara berimbangtanpa intervensi.
Bicara Jakarta..?! Jakarta terkini, Informasi terkini di Jakarta, Powered by JTN Media.
Jakartaterkini.id merupakan transformasi dari Media sosial Instagram Jakarta terkini, yang lahir sejak tahun 2017 silam. Melalui media online kami ingin lebih berkomitmen dalam menghadirkan beragam informasi yang lebih luas, komprehensif dan faktual.
Kami berfokus menjadi media lokal Jakarta yang terkini, sesuai dengan tag line kami, Informasi terkini di Jakarta. Dibawah naungan JTN Media kami terus beradaptasi dalam segala aspek sesuai dengan perkembangan sosial terkini. Selain itu kami juga terus melakukan inovasi terhadap perkembangan teknologi agar dapat memenuhi keinginan khalayak dalam mengakses informasi.
Kami adalah media yang Independent dengan mengedepankan kaidah jurnalistik, disajikan secara berimbangtanpa intervensi.
Bicara Jakarta..?! Jakarta terkini, Informasi terkini di Jakarta, Powered by JTN Media.