JT - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah mengadakan serangkaian acara promosi di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur dengan tujuan untuk menarik minat wisatawan baik lokal maupun mancanegara.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dalam pernyataannya di Jakarta pada hari Kamis, menjelaskan bahwa kegiatan promosi tersebut mencakup perjalanan wisata pengenalan yang melibatkan 20 travel agent/tour operator nasional dari berbagai provinsi, termasuk DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi Utara.
Baca juga : Kepulauan Seribu Siapkan Wisata Pulau Kucing
Selama acara yang berlangsung pada tanggal 4 hingga 6 Maret 2024, para peserta diajak untuk mengunjungi DPSP Borobudur dan beberapa destinasi pariwisata di sekitarnya.
Menparekraf berharap rangkaian kegiatan promosi DPSP Borobudur ini dapat menghadirkan paket wisata menarik bagi calon wisatawan, terutama menjelang Hari Raya Waisak yang akan jatuh pada 23 Mei 2024, yang juga bertepatan dengan liburan sekolah.
Sandiaga juga menjelaskan bahwa rangkaian acara ini merupakan bagian dari strategi untuk mendongkrak sektor pariwisata Indonesia yang mengalami penurunan selama pandemi COVID-19.
Baca juga : Kemenpar Laporan Kunjungan Wisman Naik 20 Persen pada Januari-November 2024
"Langkah ini juga merupakan salah satu cara untuk mengembangkan perjalanan wisatawan nusantara, yang menjadi 'low hanging fruit' dalam menghidupkan kembali industri pariwisata pasca pandemi COVID-19," ujarnya.
Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini, menyatakan bahwa selain perjalanan wisata pengenalan, kegiatan promosi juga melibatkan misi penjualan yang akan diadakan pada 7 hingga 8 Maret 2024 di Sahid Raya Hotel and Convention Kota Yogyakarta.