JAKARTATERKINI.ID - PT Bank Central Asia (BCA) telah meluncurkan secara resmi aplikasi Merchant BCA, yang dirancang sebagai solusi digital untuk membantu pemilik bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi.
"Intinya adalah kami ingin tumbuh bersama dengan para merchant. Kami ingin mendorong para merchant untuk meningkatkan penjualan, keuntungan, dan akhirnya memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan," kata Direktur BCA Santoso dalam acara BCA Expoversary di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Sabtu.
Baca juga : WhatsApp Rilis Fitur Sticker Maker Untuk Pengguna iPhone: Buat dan Bagikan Stiker Tanpa Keluar dari Aplikasi
Aplikasi ini menawarkan beberapa fitur yang menjadi solusi digital bagi mitra UMKM yang menjadi merchant BCA. Salah satunya adalah fitur "Merchant Care", yang memberikan informasi dan solusi terkait Electronic Data Capture (EDC) atau Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu.
Mitra UMKM juga dapat menggunakan fitur "Merchant Care" untuk melaporkan kendala melalui aplikasi, yang akan ditindaklanjuti oleh BCA.
Selain itu, ada fitur "Manajemen Pengguna" yang memungkinkan pengguna mengatur hak akses untuk berbagai fungsi pengguna, mulai dari super admin (pemilik), admin, keuangan, hingga akses kasir.
Baca juga : WhatsApp Bersiap Mengatasi Misinformasi dan Hoaks pada Pemilu 2024
Fitur "Notifikasi Transaksi Real-time" juga hadir sebagai platform yang ramah pengguna untuk mengelola transaksi keuangan dengan lancar. Pengguna dapat memantau transaksi dari EDC BCA dan QRIS secara real-time, serta pendapatan secara real-time.
Fitur ini sangat berguna karena memberikan visualisasi menyeluruh tentang transaksi dan dapat digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan bisnis.